Titik Hijamah/Bekam Sunnah (2)

7. Titik Hijamah Azh-Zhahr

Definisi punggung menurut kamus Bahasa Indonesia S. Wojowasito adalah bagian belang tubuh dari tengkuk sampai pantat dan menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bagian belakang tubuh manusia dari leher sampai tulang ekor.
Mengacu pada definisi diatas bisa dijabarkan bahwa punggung adalah bagian belakang tubuh manusia yang dimulai dari daerah setelah leher (tengkuk) terus ke bawah hingga daerah pantat bahkan hingga daerah bagian tulang ekor.
Area tersebut cukup luas sehingga titik titik bekam yang mencakup daerah punggung bisa cukup banyak. Cara pentuan titiknya adalah dengan mengambil titik berpasangan kanan dan kiri, posisi diambil dua jari dari sebelah luar tulang belakang.

Titik tersebut diantaranya :

Titik hijamah Az-Zahr hijamah.id
  1. Azh-Zahrul A’la, Posisi pada titik belikat
  2. Azh-Zahrul Washati, Posisi sekitar organ liver dan lambung.
  3. Al-Qathanul Alawi, Posisi disamping tuas tulang lumbar 1 dan lumbar.
  4. Al-Qathanul Sufla, posisi samping tulang ekor bagian atas kanan dan kiri.

Manfaatnya : Gangguan Jantung, Sesak Nafas, Nyeri Punggung Atas Dan Bawah, Spondylosis, Spondylitis, Gangguan Lambung, Gangguan Liver, Syaraf Kejepit/HNP, Scoliosis, Encok
Kontra Indikasi :Pada pasien dengan kondisi lemah agar tidak melakukan pembekaman dengan jumlah titik maksimal tetapi disesuaikan dengan kekuatan tubuh pasien.

8. Titik Al-Warik

Titik bekam Al-Warik hijamah.id

Posisinya berada di bagian pinggul kanan dan kiri. Al-Warik adalah organ tubuh berada diatas paha. Jalasa’ala warikihi, artinya duduk diatas panggul pada lateral illium kanan dan kiri,pertemuan otot gluteus maximus dengan gluteus medius bawah, kiri dan kanan.

Manfaatnya: Stroke, Pegal Dan Kaku Pada Pinggul, Syaraf Kejepit/HNP, Spondylosis, Spondylitis

9.Titik Zhahrul-Qadam

Secara harifiah artinya punggung telapak kaki, kiri dan kanan. Zhahrul-Qadam berarti punggung telapak kaki, karena makna zhahr adalah punggung dan makna Al-Qadam adalah telapak kaki. Posisi 1 jari diatas titik pertemuan antara tulang ibu jari kaki dan jari telunjuk kaki.

Titik vekam Zahrul Qadam hijamah.id

Manfaatnya: Nyeri Haid, Pendarahan, Bisul, Gatal Pada Daerah Genital Dan Anus, Lelah Kaki

Catatan: Hati hati pada pembuluh yang ada denyutanya lebih aman dekat kearah jempol kaki hindari terkena ateri dorsalis pedis.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/hijamahi/public_html/wp-includes/functions.php on line 5420